SELAMAT DATANG DI BLOG GUGUS SD PEMENANG TIMUR - LOMBOK UTARA

Sabtu, 12 Februari 2011

Lomba Mendongeng Cerita Rakyat NTB

Di jaman teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, sudah sangat jarang kita temukan orang tua yang mendongeng untuk anak-anaknya ketika menjelang tidur. Dan anak-anakpun sepertinya lebih senang menonton film kartun di televisi atau bermain game interaktif. Padahal dengan mendongeng hubungan batin antara orang tua dan anak menjadi lebih erat. Banyak sekali cerita-cerita rakyat yang tidak kalah menariknya dibandingkan film kartun yang mereka tonton di televisi. Apalagi jika cerita tersebut disampaikan dengan cara-cara yang menarik, tentu tidak akan membosankan bagi yang mendengarkan.
Tahun ini merupakan kali yang keempat bagi Badan Kegiatan Pendidikan (BKP)

Kecamatan Pemenang melaksanakan Lomba Mendongeng Cerita Rakyat NTB bagi siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Pemenang. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menumbuhkembangkan kecintaan siswa sekolah dasar terhadap cerita rakyat terutama cerita rakyat NTB, mengembangkan potensi siswa sehingga menjadi pendongeng yang menarik, dan diperolehnya pendongeng handal yang dapat menjadi duta Kecamatan Pemenang dalam kegiatan serupa di tingkat yang lebih tinggi.

Lomba mendongeng yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Pebruari 2011 ini terbagi dalam dua kategori, yaitu Lomba Mendongeng Putra dan Lomba Mendongeng Putri. Sasaran lomba mendongeng ini adalah siswa-siswi sekolah dasar kelas 5 ke bawah. Setiap sekolah hanya boleh mengirimkan 1 peserta putra dan 1 peserta putri. Jumlah peserta yang mengikuti lomba mendongeng tahun ini adalah 13 peserta putra dan 16 peserta putri. Terdapat 5 sekolah yang sama sekali tidak mengirimkan siswanya dalam lomba mendongeng tahun ini.
Lomba yang dilaksanakan di dua tempat berbeda, yaitu: SDN 3 Pemenang Timur untuk Lomba Mendongeng Putra dan SDN 7 Pemenang Barat untuk Lomba Mendongeng Putri dibuka secara serentak tepat pada pukul 09.00 wita. Kegiatan lomba di SDN 3 Pemenang Timur dibuka oleh Bapak Kartadi, S.Pd. (selaku Bendahara BKP) dan di SDN 7 Pemenang Barat dibuka oleh Bapak Drs. Ishaka Idris (selaku Ketua BKP).
Aspek-aspek yang dinilai dalam lomba mendongeng meliputi: penguasaan alur cerita (40%), lafal dan intonasi (20%), ekspresi dan gerak (20%), waktu dan properti (10%), dan penguasaan panggung (10%). Setiap peserta diberi ruang waktu maksimal 15 menit untuk mendongeng secara bergiliran sesuai dengan nomor undi peserta. Kegiatan lomba yang dinilai oleh 4 orang juri untuk masing-masing kategori ini berjalan dengan jujur dan adil.
Di akhir lomba diperoleh 3 juara untuk masing kategori, yang kepada semuanya diberikan piagam penghargaan, tropi, dan hadiah uang. Nama-nama juara lomba adalah sebagai berikut:

A.    Lomba Mendongeng Putra
Juara Pertama           : AZAN AFANDI                     SDN 7 Pemenang Barat
Juara Kedua              : L. M. IHSAN                         SDN 2 Pemenang Barat
Juara Ketiga               : YOGA PRATAMA                SDN 5 Pemenang Timur

B.    Lomba Mendongeng Putri
Juara Pertama           : BAIQ LAELATUL JANNAH SDN 2 Pemenang Barat
Juara Kedua              : ZAHIRA AULIA                     SDN 3 Pemenang Barat
Juara Ketiga               : UMMU STANIA                    SDN 1 Pemenang Timur

Dalam sambutannya pada acara penutupan, Bapak Samsudin, S.Pd. (selaku Pengawas TK/SD) mengharapkan bahwa melalui Badan Kegiatan Pendidikan (BKP) Pemenang akan terus mengalir program-program yang dapat memajukan pendidikan di Kecamatan Pemenang.

Tidak ada komentar: