SELAMAT DATANG DI BLOG GUGUS SD PEMENANG TIMUR - LOMBOK UTARA

Selasa, 26 Juli 2011

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SD

Sistem penentuan nilai pada kelulusan tahun pelajaran 2010/2011 jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Standar kelulusan dengan menggunakan Nilai Akhir (NA) jauh lebih menguntungkan bagi siswa karena sistem penilaian ini lebih komprehensif dengan memperhitungkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, dan nilai ujian nasional. Kelulusan siswa tidak lagi ditentukan oleh 40 atau 50 butir soal yang harus diselesaikan dalam waktu 2 jam.
Peran nilai rapor yang dapat membantu kelulusan anak tidak bisa lepas dari KKM yang ditetapkan oleh guru mata pelajaran sebagai kontrak di awal tahun pelajaran antara guru dan pihak sekolah. Selama ini kebanyakan guru SD terkesan takut-takut
menetapkan besaran KKM, sebab selama ini nilai rapor tidak mempengaruhi nilai kelululsan anak. Guru lebih cenderung menyesuaikan nilai KKM dengan standar kelulusan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan. 
Kini guru harus berani menetapkan nilai KKM yang lebih tinggi. Sedangkan pihak sekolah harus menyiapkan dana lebih untuk kegiatan remidi, sebab tidak mustahil dengan KKM yang tinggi akan banyak usaha yang harus dilakukan oleh guru sehingga siswanya mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan. Bukankan dana BOS yang dikucurkan oleh Pemerintah adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan? KKM tinggi akan menuntut usaha keras yang harus dilakukan oleh siswa, guru, maupun sekolah. Usaha keras akan berbuah hasil yang lebih baik pula.
Berikut ini dapat anda download format analisa KKM untuk SD:


Tidak ada komentar: